twitter
rss






Seorang wanita mengeluh daerah dadanya panas dan nyeri dengan keluhan ‘apakah saya sakit jantung dok?’
Ternyata dalam pemeriksaan sebenarnya tidak pas di bagian dada, melainkan di ulu hati.
                sebenarnya penyakit itu terdapat pada lambung atau ventrikulus atau maag bahasa Belandanya. Lengkapnya penyakit tersebut sebenarnya ialah penyakit tukak atau borok lambung, ulcus ventriculi atau maagsweer.
                Borok yang terjadi pada selaput lendir lambung ini disebabkan oleh luka  karena iritasi asam lambung , yakni asam HCL, yang sebenarnya bertugas membunuh bakteri – bakteri yang dapat membahayakan usus atau alat – alat yang dilalui kuman itu. Kekuatan membunuh ini adalah terletak pada sifat asam itu. Asm adalah jenis zat kimia yang bersifat tajam atau merangsang. Taruhlah kita menggigit –gigit mangga muda asam sekali. Tentu akan kita rasakan akibatnya rasa ngilu pada gigi, seakan gigi itubtelah terkikis. Kini lantaran sifat asam yang mengiritasi permukaan gigi. Demikian juga asam HCL di dalam lambung. Akan tetapi dalam batas tertentu dinding mukosa lambung ini tahan terhadap asam ini. Karena memang suasana asam di lambung ini sangat dibutuhkan dalam batas tertentu.
                Kurangnya asam lambung bahkan tidak adanya asam lambung bukan berarti baik, melainkan justru suatu kelaian dan boleh dipastikan oraang tersebut juga menderita sakit yang disebut hypochloridris (kurangnya asam lambung). Ini terdapat pada gastritis chronika, constipasi (sembelit) yang kronis. Keadaan dimana tidak ada asam chlorida sama sekali disebut achlorhydrie. Ini terdapat pada anemia perniclosa, atropie mucosa lambung.
                Sebaliknya kebanyakan asam lambung tersebut juga mengakibatkan penyakit seperti keluhan wanita tadi. Bahkan luka bisa terjadi pada duodenum (usus halus) lantaran asam yang masuk dari lambung bercampur makanan yang berlebihan dan ketajaman asam membuat luka pada selaput lendir usus halus.
                Timbulnya asam pada lambung manusia ini dapat dibuktikan pada suatu percobaan tikus (pintu lambung bagian bawah) diikat setelah 7 – 9 jam ternyata terjadi ulcus di usus halus.
                 Timbulnya asam pada lambung manusia ini bisa disebabkan oleh suatu penyakit, atau pengaruh psikis. Pengaruh psikis inilah yang sering dijumpai. Pikiran yang tegang, rasa takut khawatir, cemas, dan sebagainya, merangsang sekresi getah lambung, yakni asam HCL itu. Sehingga karena pikira yang tegang dan sebagainya seperti disebutkan di atas itulah yang menjadi biang keladi tukang lambung yang dirasakan sebagai nyeri di ulu hati. Panas dan kadang – kadang disertai kembung. Orang awam mengkhawatirkan penyakit itu karena sakit jantung. Dan gejala – gejala psikis ini sering dialami oleh pimpinan – pimpinan organisasi, lembaga sibuk, anggota DPR, pejabat dan para manager lainnya. kadang – kadang juga mahasiswa yang tak lulus- lulus. Karena itulah penyakit maag ini dikenal pula sebagai penyakit manager (t-obat patent keluamanager disease).
                Obat yang spesifik menyembuhkan luka tidak ada, luka itu akan sembuh dengan sendirinya bila keasaman dikurangi. Penyembuhan sendiri dalah sebagai watak jaringn sehat yang selalu akan kembali normal sembuh dalam suasana sehat, dalam arti jauh dari ancaman causanya.
                Oleh karena itu bagi penderita seyogyanya menhindari makanan yang merangsang seperti pedas – pedas dan makanan yang asam yakni buah-buahan asam, kemudian makanan yang menimbulakan gas, seperti pisang ambon, petai, dan sebagainya.
                Obat-obat patent keluaran pabirik sebagai penawar asam lambung dan melindungi luka di permukaan mukosa lambung dikenal promag, kalmag, dan sebagainya.
                Istirahat sangat dianjurkan bagi penderita sementara minum obat – obat yang diberikan dokter.
                Hindari pikiran yang kacau, dan tegang serta serba tergesa- gesa. Hidup tenang harus menjadi perhatian khusus.

0 komentar:

Posting Komentar