twitter
rss

seseorang yang terluka kulitnya memiliki resiko terjadinya infeksi. Penyakit kulit oleh makhluk hidup sebagai parasit dapat disebabkan oleh bakteri, virus maupun jamur. Mikroorganisme penyakit kulit ini sangat umum terjadi dan dapat merusak kulit tapi tidak pernah sampai mematikan.
Berikut Jenis penyakit kulit yang diakibatkan oleh bakteri,jamur maupun virus:


1. JERAWAT :  
suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga timbul beruntus-untus dan abses(kantong nanah) yang meradang dan terinfeksi pada kulit itu. Biasanya paling sering menyerang remaja dimana jerawat mulai muncul saat masa pubertas, tapi juga dapat terjadi pada semua usia.
penyebabnya mungkin perubahan hormonal yang merangsang kelenjar sebasea (kelenjar penyakit minyak)di kulit.Perubahan hormonal lain dapat juga bisa memicu timbulnya jerawat pada masa mens, hamil,atau stress.Sering memburuk pada musim dingin & membaik pada musim panas. Beberapa penderita beranggapan bahwa makanan mempengaruhi timbulnya jerawat.
Proses terjadinya :selama masa pubertas kelenjar sebasae lebih aktif memproduksi minyak yang banyak, Minyak yang mengering, kulit yang mengelupas& bakteri berkumpul dalam pori2 kulit membentuk komedo, sehingga menyebabkan tersumbatnya aliran minyak dari selubung akar rambut ke pori2. Bakteri kemudian tumbuh dalam pori2 yang tersumbat & menguraikan beberapa lemak dalam minyak yang menyebabkan iritasi kulit, kemudian timbul jerawat.
Macam jerawat :
  • jerawat superficial : bila kulit terdapat komedo jerawat tanpa disertai abses.biasanya kalo sembuh tidak meninggalkan jar. parut
  • jerawat dalam :jerawat yang meradang menyusup k jar. kulit di bawahnya.
Gejala biasanya muncul di wajah & bahu.Menekan & memecah jerawat dapat memperburuk jerawat karena kemungkinan terjadinya infeksi dan pembentukan jaringan parut.
Perawatan & pengobatan : Kompres air hangat karena bisa melunakkan komedo shg lebih mudah diangkat sebanyak 1-2 kali /minggu dengan jarum steril.
Untuk menhlangkan jerawat, bisa dioleskan antibiotik clindamycin/erythromycin dengan atau tanpa zat iritan. antibiotik peroral,salah satunya tetracycline/doxicycline, yang bisa mengurangi jerawat permukaan.sinar matahari membantu mengeringkan kulit & menyebabkan pembentukan sisik sehingga mempercepat penyembuhan.tapi pada penderita yang memakai tretinoin, sinar matahari dapat menyebabkan iritasi hebat.obat lain, benzoil peroksida dan yang mengandung sulfur resorsinol.

2.Tinea versicolor (panu)

:infeksi jamur yang menyebabkan timbulnya bercak putih sampai coklat muda pada kulit terutama pada dewasa muda. 
Penyebab : disebabkan oleh jamur Pytirosporum orbiculare. jamur ini merupakan bagian dari flora normal pada kulit manusia & hanya menimbulkan gangguan pada keadaan tertentu, yaitu pada saat berkeringat.
Gejala : jamur ini jarang menyebabkan nyeri , tapi menimbulkan bercak2 putih. orang alami berkulit hitam akan memiliki bercak terang, sedangkan yang berkulit kuning langsat akan berwarna lebih gelap.
pengobatan : obat yang biasa digunakan oleskan laos atau bawang putih pada daerah yang terkena panu.
 pencegahan : seseorang yang pernah menderita penyakit tinea versicolor sebaiknya menhindari cuaca panas / keringat yang berlebihan. 

0 komentar:

Posting Komentar